Home / Uncategorized / Pansus RUU Pemilu Gelar Rapat dengan Pemerintah Senin Pekan Depan

Pansus RUU Pemilu Gelar Rapat dengan Pemerintah Senin Pekan Depan

Pansus RUU Pemilu Gelar Rapat dengan Pemerintah Senin Pekan Depan

Jakarta – Pansus RUU Pemilu masih melakukan penggodokan materi revisi sebelum disahkan pada 20 Juli mendatang. Besok, pansus akan melanjutkan rapat dengan tim perumus dan tim sinkronisasi.

“Ada 2 agenda yaitu memperhatikan penulisan RUU dan kedua mendengarkan presentasi pemerintah tentang dapil. Senin (10/7) kita siap raker lanjutkan 5 isu krusial yang belum diputuskan,” ujar Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Beberapa yang harus diperbaiki menurut Lukman Edy antara lain soal penulisan, pemilihan kata dan tanda baca. Sementara soal presentasi dari pemerintah, Lukman mengatakan ada tugas untuk merapikan dapil untuk DPRD Provinsi.

“Berkenaan dengan dapil yang loncat seperti Bogor, Kalimantan Selatan dan ada beberapa lagi, secara geografis bergabung maksudnya. Itu kita tata ulang,” ujarnya.

Bila RUU Pemilu tidak mencapai titik temu, lanjut Lukman, metode voting adalah cara yang paling sederhana untuk dilakukan. Lukman mewacanakan voting akan dilakukan secara per isu.

“Tadi ada pembicaraan, kemungkinan untuk voting item per item. Itu harus dilakukan kalau nggak ada kesepakatan,” tuturnya.

Soal adanya wacana untuk melakukan rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo, Lukman menganggap hal tersebut tidak diperlukan. Sebab presiden sudah mengutus 3 menterinya untuk membicarakan RUU Pemilu.

“Presiden kan secara formal sudah menyerahkan mandat ke 3 menteri. Kalau ada upaya presiden untuk konsultasi itu non formal sifatnya bukan bersifat antar lembaga,” katanya.(Rip.Jusmin)

About admin

Check Also

Dua Mahasiswi Unpar ‘Taklukkan’ Gunung Tertinggi di 6 Benua

Jakarta – Dua mahasiswi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di belahan bumi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com