Home / Uncategorized / Medsos Bisa Jerumuskan ke Kriminalitas

Medsos Bisa Jerumuskan ke Kriminalitas

TRENGGALEK– Di era globalisasi seperti saat ini, mengaruh media sosial (medsos) sangatlah besar khususnya bagi anak pelajar. Pasalnya, sebagian dari mereka cenderung memilih membaca tulisan yang ada pada medsos tersebut, dari pada buku pelajaran. Tak ayal, dengan ini diperlukan cara yang tepat agar para pelajar mau membaca buku, seperti yang dilakukan di MTsN 1 Trenggalek, kemarin (17/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman melalui Kasat Binmas AKP Suyono mengatakan, di zaman saat ini kebanyakan anak-anak malas belajar, namun jika melihat handphone (hp) atau jenis peralatan elektronik lainnya bisa berjam-jam. Dengan demikian secara otomatis mereka akan terbawa arus yang disajikan peralatan elektronik tersebut. Sebab pastinya ada unsur negatif jika anak terlalu banyak terpengaruh medsos. “Secara tidak langsung hal ini bisa mengakibatkan anak menjadi pelaku atau korban tindakan kriminal di kemudian hari, maka kami akan berupaya untuk mencegahnya,” katanya.

Senada juga diungkapkan Kabagbinopsnal Ditbinmas Polda Jawa Timur, AKBP Dody Eko Wijayanto. Dia menambahkan, hal itu akibat hanya bagian tentu pada otak anak yang bekerja, sehingga membuat malas membaca buku atau belajar. Untuk itu, perlu cara khusus untuk mengatifkan agar seluruh bagian otak bisa bekerja, hingga mudah menerima materi pembelajaran dan secara berangsur-angsur terhindar dari pengaruh peralatan elektronik. “Salah satu cara yang kami lakukan adalah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakannya,” katanya.

Sementara itu Ahli Rekayasa Pemikiran dan Pembelajaran, Toha Maksum mengatakan dengan pengaktifan seluruh bagian otak tersebut, anak akan memiliki teknik membaca super cepat yang 30 kali lipat dari pada membaca biasa. Bukan hanya sekadar membaca cepat, dengan itu pemahaman bisa empat kali lipat dibanding membaca biasa. Sebab bisa meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan percaya diri. “Tentunya dengan ini pelajar bisa menerima pelajaran dengan enak dan meraih prestasi yang bagus,” ujarnya.

Di lain pihak Kepala MTsN 1 Trenggalek Agung Wiyoto, sangat antusias dengan hal tersebut. Sebab, kegiatan tersebut bisa membuat kecerdasan anak didik meningkat. Dengan cara tersebut anak begitu cepat membaca, dan mampu menjelaskan inti dari buku yang dibaca tersebut. Untuk itu, dirinya langsung berkoordinasi dengan komite agar bisa melaksanakannya. “Syukurlah komite menyetujui, dan semoga saja kegiatan ini bisa bermanfaat bagi anak didik kami untuk meraih prestasi dan tidak terpengaruh peralatan elektronik,” jelasnya. (*)rpt.Dhani Sulistya

About admin

Check Also

Tempat Wisata Alam Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

  TULUNGAGUNG – Setelah ramai jadi perbincangan dan destinasi wisata populer di masyarakat sampai saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com